Jumat 03 Jun 2016 04:04 WIB

Tiga Warga Suriah Ditahan Terkait Serangan di Jerman

ISIS
Foto: Reuters
ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Tiga pria Suriah yang dicurigai memiliki kaitan dengan ISIS telah ditahan di Jerman atas dugaan merencanakan serangan di Berlin, menurut sumber kantor kejaksaan federal, Kamis (2/6).

Kejaksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Hamza C (27 tahun), Mahood B (25 tahun), dan Abd Arahman A.K. (31 tahun) telah ditahan di negara bagian North Rhine-Westphalia, Brandenburg dan Baden-Wuerttemberg. Rumah-rumah mereka juga ikut digeledah.

Kejaksaan federal juga mengatakan perintah penahanan telah dikeluarkan terhadap satu pria Suriah lainnya, yaitu Saleh A (25 tahun). Dua dari para tersangka, yaitu Saleh A dan Hamza C, telah bergabung dengan ISIS di Suriah pada musim semi 2014.

Keduanya menerima tugas dari para pemimpin ISIS untuk melakukan serangan di kota tua Duesseldorf di Jerman bagian barat, kata kantor kejaksaan.

Mereka kemudian membujuk pria-pria lainnya untuk ikut mengambil bagian dalam serangan, kata kejaksaan. Saleh A dan Hamza C sebelumnya berencana membuat kedua pria tersebut meledakkan diri sendiri di Heinrich-Heine-Allee, sebuah jalanan sibuk di pusat kota.

Kemudian, para penyerang lain diharapkan bisa membunuh sebanyak mungkin pejalan kaki dan orang yang berlalu-lalang dengan menggunakan senapan dan bahan-bahan peledak. Kejaksaan mengatakan tidak ada bukti bahwa para tersangka sudah mulai mewujudkan rencana-rencana serangan mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement