Kamis 14 Jul 2016 16:09 WIB

Mantan PM Papua Nugini Dukung Keanggotaan ULMWP

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Michael Somare
Foto: .
Michael Somare

REPUBLIKA.CO.ID, PORT MORESBY -- Upaya dari Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) untuk bergabung dalam Kelompok Negara-Negara Melanesia (Melanesian Spearhead Group/MSG) mendapat dukungan dari Michael Somare. Mantan Perdana Menteri Papua Nugini itu mengatakan para pemimpin harus menyetujui hal tersebut.

Pria yang juga merupakan salah satu pendiri MSG itu mengatakan hal ini dalam sebuah pernyataan sebelum diadakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antarnegara-negara MSG, Selasa (12/7). Pada 2015, ULMWP telah diberikan status sebagai pengamat dalam MSG.

"Ini adalah suatu kemajuan dalam mengenali Papua Barat dalam MSG. Secepatnya, keanggotaan penuh harus diberikan," ujar Somare dilansir EMTV News, Kamis (14/7).

Pernyataan ini sekaligus menegaskan dukungan Somare dari Papua Nugini dalam mendukung Papua Barat sebagai negara yang merdeka. Sebelumnya, negara dalam MSG itu belum menunjukkan sikap apa pun terkait status keanggotaan ULMWP.

Demikian halnya dengan Fiji dan Kaledonia baru yang hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan apa pun. Berbeda dengan dua anggota penuh MSG, yaitu Kepulauan Solomon dan Vanuatu yang telah menyatakan dukungan terhadap ULMWP untuk menjadi anggota penuh MSG.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement