Rabu 03 Aug 2016 08:34 WIB

Kesaksian Baru Jubir Mantan Presiden Mursi dan Ketidaksiapan Ikhwan

Muhammad Mursi
Foto: ABCNews
Muhammad Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Yasser Ali, mantan juru bicara presiden terguling Muhammad Mursi memberikan keterangan baru selepas ia keluar dari penjara. Menurut Ali, Ikhwanul Muslimin belum siap untuk memegang jabatan kepresidenan, kendati membantah jika Mursi disebut tak kompeten.

"Kita belum sepenuhnya siap pada Maret 2012 untuk memegang tanggung jawab seperti itu. Saya mengatakan ini setelah berpikir secara mendalam di Penjara Aqrab," ujar Ali. "Kita belum siap menghadapi sejumlah isu seperti hubungan di kawasan, tapi bukan berarti Mursi tak kompeten."

Ali menjabat sebagai juru presiden dari Juli 2012 hingga Februari 2013. Ia dipenjara selama hampir setahun karena dituding membantu mantan perdana menteri Hesham Qandeel untuk lepas dari dakwaan kriminal.

Mursi dijatuhkan pada 3 Juli setelah aksi demo besar serta bentrokan mematikan. Presiden sipil pertama Mesir ini hanya memimpin satu tahun.

Baca juga, Hakim Penentang Kudeta Mursi Dipaksa Pensiun.

"Mursi mencoba menahkodai kapal sebisa ia mungkin dengan peralatan yang dimiliki, namun tak dapat dibantah kesalahan akan terjadi," ujar Ali.

sumber : Ahram
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement