Senin 22 Aug 2016 14:01 WIB

Penyanyi Malaysia Ditangkap Terkait Tuduhan Menghina Islam

Rep: Puti Almas/ Red: Citra Listya Rini
Penyanyi Wee Meng Chee
Foto: Themalaymailonline
Penyanyi Wee Meng Chee

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pihak kepolisian Malaysia melakukan penangkapan terhadap seorang penyanyi kontroversial di negara itu, Wee Meng Chee. Lewat lagu dan video musik terbarunya, Wee disebut melakukan penghinaan terhadap Islam.

Dikutip BBC, pria itu ditangkap dan ditahan pada Ahad (21/8) kemarin. Dalam video lagu terbaru Wee yang berjudul "Oh My God", ia terlihat menyanyi rap di sekitar area beberapa tempat ibadah di Malaysia. Tak sendiri, dirinya juga diiringi beberapa orang yang meramaikan klip video itu.

Menurut Wee, lagu terbarunya itu dimaksudkan untuk memperlihatkan kerukunan antara umat beragama di Malaysia. Video klip lagu itu pertama kali dirilis Juli dan diperbarui pada 20 Agustus.

Pada video yang dirilis Juli, Wee bernyanyi di depan kuil Buddha, gereja, serta masjid. Namun, saat mengeluarkan versi terbaru, tidak ada penampilan dirinya di depan masjid.

Karena keluhan dari orang-orang yang menonton video itu, termasuk beberapa LSM di Malaysia, pihak kepolisian negara itu akhinya menangkap Wee. Saat ini, dirinya tengah dalam proses interogasi.

Sebelumnya, penyanyi yang dikenal melantunkan lagu-lagu berbahasa Mandarin itu juga pernah hampir tersangkut kasus hukum akibat karya seninya. Dalam sebuah lagu, ia seakan mempertanyakan dari mana energi nasional Malaysia berasal. Ia juga menampilkan parodi lagu kebangsaan negara itu yang dianggap sebagai lelucon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement