Ahad 11 Sep 2016 08:00 WIB

Pemilik Zara Kalahkan Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Pemilik Zara, Amancio Ortega
Foto: EPA
Pemilik Zara, Amancio Ortega

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bill Gates tak lagi menduduki posisi sebagai orang terkaya dunia. Posisinya sudah dilengserkan oleh Amancio Ortega, pendiri kerajaan mode asal Spanyol, Zara, menurut daftar orang terkaya Forbes.

Kekayaan Ortega diprediksi mencapai 78 miliar dolar AS, mengalahkan kekayaan Gates yang besarnya 77,4 miliar dolar AS. Ortega (80 tahun) terlahir sebagai putra pekerja rel kereta api di La Coruna dan putus sekolah di usia 13 tahun untuk bekerja di toko baju.

Dia mendirikan Zara dari rumahnya bersama mantan istrinya, Rosalia Mera, sebelum meluncurkan grup mode Inditex. Meski dilaporkan sebagai orang terkaya dunia, ia konon menjalani kehidupan yang sederhana. Ia selalu makan siang dengan karyawannya di kantin kantor, membeli kopi di kedai yang sama bertahun-tahun lamanya, dan mengenakan busana sederhana blazer dan kemeja.

Sebenarnya kekayaan Ortega sudah beberapa kali mengungguli Gates, namun hanya sebentar. Gates sendiri menjalani kehidupan sebagai orang terkaya dunia dengan cara memberikan banyak hartanya. Ia memiliki kutipan yang sangat terkenal. "Uang tidak berarti bagi saya dalam titik tertentu."

Gates sudah mendonasikan 28 miliar dolar kekayaannya lewat yayasan amalnya sejak tahun 2013, dilansir dari Independent.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement