Ahad 02 Apr 2017 02:00 WIB

Uniqlo Ancam Tutup Toko Jika Kebijakan Pajak Trump Berlaku

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Angga Indrawan
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan busana Uniqlo mengancam akan menutup seluruh tokonya di Amerika Serikat. Hal itu dilakukan jika Presiden Donald Trump membuat kebijakan yang memaksa perusahaan asal Jepang itu membuat pabrik di AS. 

Presiden Fast Retailing Tadashi Yanai yang memiliki Uniqlo mengaku wacana Trump adalah hal yang mustahil diterapkan. "Jika (produksi dilakukan di AS) bukan pilihan yang baik untuk konsumen, maka tak ada artinya untuk melakukan bisnis di Amerika Serikat," ujar Yanai kepada media Jepang Asahi Shimbun, Sabtu (1/4). 

Trump telah berulang kali berupaya menaikkan biaya impor barang asing. Hal itu sebagai bentuk janjinya dalam merevitalisasi manufaktur AS. Pada Januari lalu, ia meminta Toyota untuk memindahkan lokasi rencana pembangunan pabrik baru di Meksiko. 

Pimpinan usaha ritel khawatir kebijakan Trump justru akan meningkatkan harga jual secara signifikan kepada konsumen. "Itu akan membuat pekerjaan ritel di AS dalam risiko dan konsumen akan dipaksa untuk membayar 20 persen lebih besar," ujar Presiden Asosiasi Pemimpin Industri Ritel Sandy Kennedy. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement