Selasa 08 Aug 2017 13:03 WIB

Penyakit Kaki dan Mulut Serang Ternak di Vietnam

Penyakit kaki dan mulut sapi (Ilustrasi)
Foto: topnews.in
Penyakit kaki dan mulut sapi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Penyakit kaki-dan-mulut menyerang ternak di satu kota kecil di Dataran Tinggi Provinsi Gia Lai di Vietnam Tengah. Penyakit tersebut menyebar di Kota Kecil Ayun Pa, dan menyerang 449 lembu serta banteng yang dipelihara oleh 72 rumah tangga.

"Biro Kesehatan Hewan Provinsi telah meningkatkan vaksinasi guna menghadapi penyakit kaki-dan-mulut di kalangan ternak", demikian laporan Xinhua, Selasa (8/8)

Pemerintah setempat juga mengucilkan hewan yang terserang guna mencegahnya menyebar ke kota kecil lain dan kabupaten Gia Lai, tempat buat 450 ribu kerbau jantan dan sapi.

Pekan lalu, penyakit kaki-dan-mulut terlihat di satu masyarakat di Provinsi Quang Ngai di Vietnam Tengah. Padahal, pada awal Mei, Departemen Kesehatan Hewan di bawah Kementerian Pertanian dan Pembangunan Desa Vietnam mengumumkan bahwa negeri itu terbebas dari flu unggas, dan penyakit kaki-dan-mulut serta sindrom reproduksi dan respiratori Babi (PRRS), atau yang juga dikenal dengan nama penyakit "telinga biru".

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement