Sabtu 19 Aug 2017 17:26 WIB

Friends of Indonesia Ikut Meriahkan HUT RI di Pretoria

Warga mengibarkan bendera merah-putih. (ilustrasi)
Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Warga mengibarkan bendera merah-putih. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PRETORIA -- KBRI Pretoria Afrika Selatan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017, yang dihadiri oleh seluruh warga KBRI Pretoria Afrika Selatan, dan seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal di Afrika Selatan. Mereka tidak hanya warga yang tinggal di Pretoria namun juga yang tinggal di Johannesburg.

Hadir pula pada acara perayaan itu "Friends of Indonesia" dan warga negara Afrika Selatan yang pernah mendapatkan beasiswa Darmasiswa dari pemerintah Indonesia. Warga negara Afrika Selatan yang tergabung dalam "Friends of Indonesia" adalah bagi mereka yang pernah tinggal di Indonesia untuk beberapa waktu dimana kedutaan KBRI Pretoria memupuk hubungan baik.  

Mereka sangat senang diundang merayakan kemerdekaan RI bersama dengan masyarakat Indonesia. Memori sate, rendang dan kerupuk menjawab kerinduan mereka akan kuliner Indonesia serta mengingatkan kembali akan keberagaman Indonesia.      

    

Penerima beasiswa Darmasiswa, Bobby Shabangu dan Maurice Mugashoa, turut hadir menikmati kebersamaan perayaan kemerdekaan RI ke-72. Mereka menceritakan pengalaman mereka selama menerima beasiswa Darmasiswa di Indonesia. Keduanya memilih bersekolah di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Bahkan Maurice Mugashoa menemukan jodohnya, pemuda dari Papua sebagai pasangan.

    

Darmasiswa adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada semua mahasiswa asing darinegara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, seni dan budaya di 54 universitas di Indonesia. Awalnya, program ini didirikan pada tahun 1974 sebagai bagian dari inisiatif ASEAN, namun kemudian pada tahun 1976 program ini diperluas lagi ke negara lain.

Sampai saat ini, jumlah negara yang berpartisipasi dalam program ini lebihdari 111 negara termasuk Afrika Selatan. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tujuan utama untuk mempromosikan dan meningkatkan minat terhadap bahasa, seni danbudaya Indonesia di kalangan pemuda dari negara lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement