Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Thursday, 18 Ramadhan 1440 / 23 May 2019

Cina: Tidak Akan Ada Pemenang Perang di Semenanjung Korea

Selasa 26 Sep 2017 22:27 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Elba Damhuri

Peluncuran rudal korut.

Peluncuran rudal korut.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Lu Kang, mengatakan perang di semenanjung Korea tidak akan dimenangi oleh siapapun. Pernyataan ini disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho mengungkapkan Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan perang terhadap Korut.

Menurut Lu Kang, Beijing berharap AS dan Korut dapat menyadari bahwa beralih ke opsi militer tidak akan pernah membuat situasi menjadi lebih baik. Cina juga menolak eskalasi perang kata-kata antara AS dan Korut.

 

Menlu Korut Ri menuturkan negaranya memiliki hak untuk menembak jatuh pesawat tempur AS sekalipun mereka tidak berada di wilayah udara Korut. Dua hari yang lalu, pesawat tempur AS diketahui terbang mendekati pantai Korut dalam sebuah demonstrasi.

 

Gedung Putih, melalui juru bicaranya Sarah Huckabee Sanders, membantah telah menyatakan perang terhadap Korut. Sanders mengatakan tuduhan Korut itu sangat tidak masuk akal.

 

AS memperingatkan Pyongyang untuk menghentikan provokasi. "Jika Korea Utara tidak menghentikan tindakan provokatif mereka, Anda tahu, kami akan memastikan kami akan meminta kepada Presiden untuk menangani Korea Utara," ujar juru bicara Pentagon, Kolonel Robert Manning.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA