Rabu 18 Oct 2017 07:51 WIB

Peringkat Trump Merosot sebagai Orang Terkaya

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Esthi Maharani
Donald Trump
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Saat orang kaya Amerika Serikat bertambah kaya, Donald Trump sebaliknya. Dalam daftar orang terkaya AS versi Forbes, peringkat Trump merosot. Dalam daftar 400 orang terkaya di AS, kekayaan Trump turun 600 juta dolar menjadi 3,1 miliar dolar AS. Sehingga peringkat Trump harus merosot dari nomor 156 tahun lalu menjadi nomor 248 tahun ini.

Rangking Trump di Forbes masih lebih baik ketimbang di daftar orang kaya dunia versi Bloomberg. Dengan kekayaan 2,86 miliar dolar AS, Trump bahkan tak masuk dalam 500 orang terkaya dunia.

Majalah Forbes menyebut turunnya nilai kekayaan Trump karena ketatnya persaingan pasar real estate di New York, terutama di lokasi ritel, gugatan hukum yang menguras uang, dan mahalnya biaya kampanye presiden. Trump mengabiskan 25 juta dolar AS dalam gugatan melawan tudingan seminar real estate yang digelar Trump University hanya akal-akalan untuk mendapatkan uang dari mahasiswa, demikian dilansir CNN, Selasa (17/10).

Secara keseluruhan, orang-orang AS terkaya makin kaya dalam setahun ini. Faktanya, Forbes menaikkkan batas orang terkaya dengan nilai kekayaan minimal dua miliar dolar AS. Hal itu merupakan rekor terbaru. Forbes memprediksi ada 169 miliarder yang masih 'terlalu miskin' untuk bisa masuk dalam daftar mereka.

Di puncak daftar, Bill Gates berhasil mempertahankan posisi selama 24 tahun berturut. Kekayaan bos Microsoft itu diprediksi mencapai 89 miliar dolar AS. Di posisi ke dua ada pendiri Amazon, Jeff Bezos yang kekayaannya mencapai 81,5 miliar dolar AS. Warren Buffet tetap bertahan di posisi ke tiga dengan kekayaan senilai 78 miliar dolar AS.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, merupakan miliarder peraih dolar terbanyak tahun ini. Kekayaan Zuckerberg naik 15,5 miliar dolar AS menjadi 72 miliar dolar AS. Meski begitu, Zuckerberg masih tetap di posisi ke empat.

Secara agregat, nilai kekayaan 400 miliarder AS mencapai 2,7 triliun dolar AS, catatan baru pula bagi Forbes. Tahun lalu, total kekayaan 400 orang itu 'hanya' 2,4 triliun dolar AS.

Sementara miliarder termuda adalah pencipta Snapchat Evan Spiegel (27 tahun) di urutan 248 dengan kekayaan 3,1 miliar dolar AS. Miliarder tertua adalah Alexander Spanos (94 tahun) dengan kekayaan 2,4 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement