Kamis 26 Oct 2017 10:35 WIB

Trump: Rusia Halangi Upaya Menyingkirkan Nuklir Korut

Rep: Kamran Dikarma/Crystal Listie/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, pada Rabu (25/10), mengatakan, Rusia telah melukai upaya Washington menyingkirkan program nuklir Korea Utara (Korut).

Menurut Trump, upaya untuk menyingkirkan program nuklir Korut akan lebih mudah jika AS memiliki hubungan yang baik dengan Rusia. Namun hingga saat ini, hanya Cina yang telah menunjukkan usahanya untuk membantu AS mengekang program nuklir Pyongyang.

"Cina membantu kita dan mungkin Rusia melewati jalan lain dan melukai apa yang kita dapatkan," kata Trump mengacu pada situasi di Korut.

Kendati demikian, Trump yakin AS masih dapat menjalin hubungan baik dengan Moskow dan pada akhirnya bersama-sama menangani situasi di Korut.

"Saya pikir kita bisa memiliki hubungan yang baik. Saya pikir situasi di Korut akan lebih mudah diselesaikan," katanya.

Hubungan AS dengan Rusia sempat mengalami ketegangan setelah merebaknya tudingan bahwa Moskow meretas dan mengintervensi proses pemilihan presiden AS tahun lalu.

Tuduhan ini telah dibantah secara tegas oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Kendati demikian, penyelidikan terkait hal ini tetap dilakukan oleh otoritas keamanan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement