Selasa 07 Nov 2017 07:58 WIB

Sinyal Dukungan Trump Atas Penangkapan Pangeran Saudi

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Teguh Firmansyah
Raja Salman dan Donald Trump
Foto: Mardiah/Republika
Raja Salman dan Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengungkapkan kepercayaan besar atas tindakan pemimpin Arab Saudi yang telah menangkap 11 pangeran dan empat menteri karena diduga terjerat kasus korupsi.

"Mereka tahu persis apa yang mereka lakukan," kata Trump melalui akun Twitter-nya seperti dikutip Time, Selasa (7/11). "Beberapa orang yang ditangkap telah 'memerah susu' negara mereka sendiri."

Trump mengirimkan cuitannya tersebut dari Tokyo saat dia melakukan kunjungan kenegaraan ke Asia. Sementara pemerintahan Trump tidak mengeluarkan pernyataan apapun menanggapi penangkapan yang terkait operasi antikorupsi Saudi tersebut.

Penangkapan sejumlah pangeran, pengusaha dan petinggi militer dipandang sebagai penguatan kekuasaan buat putra mahkota pangeran Mohammed bin Salman (32 tahun).

Mohammed bin Salman telah menerapkan reformasi di negaranya yang kaya akan hasil minyak itu. Ia juga telah menjalin hubungan dekat dengan penasihat senior Gedung Putih.

Salah satu yang ditangkap adalah Pangeran Alwaleed bin Talal, yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah putra kedua almarhum Raja Abdullah. Sementara Pemerintah Saudi menggambarkan operasi tersebut sebagai upaya pemberantasan tindak korupsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement