Kamis 23 Nov 2017 09:04 WIB

Korban Tewas Bom di Masjid Nigeria Jadi 58 Orang

Ilustrasi
Foto: AP Photo/Jossy Ola
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Jumlah korban jiwa akibat serangan bunuh diri di dalam satu masjid lokal di Kota Kecil Mubi di bagian timur-laut Nigeria pada Selasa (21/11) naik jadi 58, kata seorang pejabat senior kesehatan, Rabu (22/11).

Direktur Utama Medis Mubi General Hospital Ezra Sakawa mengatakan kepada wartawan rumah sakit itu menerima 48 korban, delapam di antara mereka tewas saat diberi perawatan. Polisi lokal menyebutkan jumlah korban jiwa 50 pada Selasa.

Serangan saat fajar tersebut dilakukan oleh seorang remaja laki-laki yang tak dikenal terhadap masjid di pinggiran Kota Mubi di Negara Bagian Adamawa di Nigeria Utara.

Remaja tersangka pelaku serangan itu meledakkan bom segera setelah menunaikan shalat subuh di dalam masjid setempat tersebut. Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengutuk pengeboman bunuh diri itu, dan menggambarkannya sebagai "sangat kejam dan pengecut".

Sejauh ini tak ada kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas ledakan bom bunuh diri tersebut. Tapi kelompok teror Boko Haram diduga telah melakukan serangan itu.

Pada Oktober 2014, Mubi direbut dan dikuasai oleh petempur Boko Haram. Kurang dari sebulan kemudian, pasukan pemerintah menaklukkan gerilyawan Boko Haram di kota kecil tersebut dan merebut kembali Mubi dari cengkeraman mereka.

Serangan pada Selasa pagi itu adalah yang pertama di kota kecil tersebut sejak Mubi direbut kembali dari Boko Haram tiga tahun lalu. Kelompok gerilyawan garis keras Boko Haram telah disalahkan atas kematian lebih dari 20 ribu orang dan pengungsian 2,3 juta orang lagi dari Nigeria sejak 2009.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement