Ahad 10 Dec 2017 14:51 WIB

Arkeolog Temukan Dua Makam Kuno di Mesir

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Israr Itah
Makam kuno di Mesir. (ilustrasi)
Foto: AFP via science alert
Makam kuno di Mesir. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR -- Arkeolog menemukan dua makam kuno berusia 3.500 tahun di ibu kota kuno kekaisaran Mesir, Luxor selatan. Menteri Sejarah Mesir Khaledal-Anani mengumumkan penemuan itu pada Sabtu (9/12).

Mereka menemukan mumi yang dibungkus linen di salah satu kuburan yang lebih besar. Sebuah prasasti di langit-langit makam yang lebih besar memuat nama Raja Thutmose I dari awal dinasti ke-18.

"Ini adalah penemuan yang sangat penting karena kedua kuburan memiliki koleksi yang sangat kaya. Salah satunya memiliki patung wanita yang sangat terkenal dengan bentuk Osiris," kata Al-Anani, seperti yang dilaporkan Ahram Online, dikutip dari Fox News, Ahad (10/12).

Makam yang terletak di tepi barat Sungai Nil ini berada di sebuah pemakaman untuk para bangsawan dan pejabat tinggi. Ini adalah penemuan terakhir di kota yangterkenal dengan kuil dan makam berbagai keluarga dari sejarah Mesir kuno.

Arkeolog juga menemukan kerucut penguburan, topeng pemakaman kayu yang dicat, kapal tanah liat, dan koleksi sekitar 450 patung di makam tersebut. Pejabat Mesir berharap penemuan ini akan mempromosikan industri pariwisata negara itu sebab Mesir terkena dampak keras serangan ekstremis dan kekacauan politik, serta susulan pemberontakan pada 2011.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement