Minggu, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 Februari 2019

Minggu, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 Februari 2019

Kebakaran Kalifornia Terbesar dalam Sejarah AS

Sabtu 23 Des 2017 17:32 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Budi Raharjo

Kebakaran di Taman Hutan Nasional Los Padres National, Kalifornia, Jumat (8/12) waktu setempat.

Kebakaran di Taman Hutan Nasional Los Padres National, Kalifornia, Jumat (8/12) waktu setempat.

Foto: Noah Berger/AP

REPUBLIKA.CO.ID,KALIFORNIA -- Kebakaran mematikan yang tengah melanda Kalifornia, Amerika Serikat (AS), sejak awal Desember lalu,tercatat merupakan kebakaran terbesar dalam sejarah AS. Kebakaran ini telah menghanguskan 1.000 kilometer persegi wilayah Kalifornia dan menghancurkan 700 rumah penduduknya.

Dilaporkan laman BBC, Jumat (23/12), kebakaran yang diberi nama kebakaran Thomas ini mulai melanda Kalifornia pada awal Desember lalu. Titik api pertama kali muncul di daerah Santa Paula kemudian terus merembet ke barat menuju pantai.

Para ilmuwan di AS mengungkapkan kebakaran Thomas dipicu oleh pemanasan iklim. Selain itu, penyebaran bangunan ke daerah hutan belantara di Kalifornia memberikan kontribusi tersendiri terhadap muncul kebakaran mematikan ini.

Kebakaran Thomas dilaporkan telah membakar lebih dari 1.000 bangunan di Kalifornia. Kebakaran ini pun telah menewaskan satu petugas pemadam kebakaran setempat, yakni Cory Iverson.

Menurut badan pemadam kebakaran di Kalifornia, yakni Cal Fire, api sekarang mulai bergerak lebih lambat karena guyuran hujan dan sedikit angin. Cal Fire memprediksi pergerakan api akan terus melambat.

Kebakaran Thomas terjadi setelah serangkaian kebakaran mematikan melanda Kalifornia pada Oktober. Kebakaran tersebut melahap lebih dari 10 ribu rumah dan menewaskan lebih dari 40 orang.

Tujuh dari sepuluh kebakaran terbesar di Kalifornia tercatat telah terjadi sejak tahun 2000. Namun pada tahun 1932 dan 1970, Kalifornia juga sempat dilanda kebakaran hebat dan persis seperti kebakaran Thomas saat ini. Kebakaran kala itu diberi nama Matilija dan merambat dari daerah Ventura County.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA