Kamis 25 Jan 2018 01:41 WIB

UE Siapkan 11 Juta Euro untuk Keluarga Miskin di Palestina

Dana itu akan diberikan kepada 67.500 keluarga di mana 80 persennya tinggal di Gaza.

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Truk bantuan ke Gaza, Palestina.
Foto: AP
Truk bantuan ke Gaza, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Uni Eropa (UE) mendonasikan 11,28 juta euro kepada Pemerintah Palestina (PA). Ini merupakan donasi kuartalan bagi warga miskin Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Donasi sebesar 10 juta euro disumbang oleh UE, Pemerintah Spanyol satu juta euro, dan Irlandia sebesar 0,28 juta euro. Dana itu akan diberikan kepada 67.500 keluarga di mana 80 persennya tinggal di Gaza.

''Dukungan UE untuk membantu keluarga rentan adalah komitmen mewujudkan kesejahteraan warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza,'' ungkap Kantor Perwakilan UE seperti dikutip kantor berita Palestina, Wafa, Rabu (24/1).

Langkah UE ini membantu upaya Kementerian Pembangunan Sosial Palestina untuk menangani 115 ribu keluarga rentan melalui sistem inklusif dan proteksi sosial. ''Tingkat kemiskinan di Palestina luar biasa tinggi terutama di Gaza,'' kata Deputi Perwakilan UE, Tomas Niklasson.

Pengentasan kemiskinan masih jadi tantangan besar bagi Pemerintah Palestina. Hal itu butuh sistmem proteksi sosial yang kuat dan efektif.

Oleh karena itu, bersama Kementerian Pembangunan Sosial Palestina, UE berupaya menyelesaikan tantangan itu sambil memastikan kebutuhan dasar warga miksin Palestina tetap terpenuhi. Hal itu bisa dilakukan dengan menyediakan bantuan teknis yang meningkatkan kapasitas Kementerian Pembangunan Sosial Palestina dan memberi donasi kepada mereka yang membutuhkan.

''Tantangannya memang luar biasa. Namun tekad untuk sukses tidak bisa diredupkan,'' kata Niklasson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement