Ahad 04 Feb 2018 07:04 WIB

Arkeolog Mesir Temukan Makam Pendeta Berusia 4.400 Tahun

Makam tersebut diyakini sebagai makam pendeta dewi kesuburan.

Rep: Nora Azizah/ Red: Andi Nur Aminah
Lukisan dinding yang ada di makam pendeta kuno yang ditemukan dekat Kairo, Mesir.
Foto: BBC
Lukisan dinding yang ada di makam pendeta kuno yang ditemukan dekat Kairo, Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR -- Arkeolog Mesir mengumumkan penemuan makam pendeta kuno berusia 4.400 tahun, Sabtu (3/2). Makam tersebut ditemukan di dekat Kairo.

Makam pendeta tersebut memiliki ukiran lukisan pada tembok yang terlihat terawat. Dalam lukisan tembok tersebut menggambarkan pendeta Hetpet, serta beberapa cerita.

Berdasarkan laporan BBC, makam pendeta Hetpet ditemukan ketika melakukan penggalian di dekat Piramid Agung Giza. Pemakaman tersebut berada di Giza Barat, yakni lokasi dinasti ke lima Kerajaan Lama. Namun beberapa di antaranya terlihat telah digali sejak 1842 silam. "Pendeta Hetpet memiliki hubungan kuat dengan kerajaan," ujar Menteru Antiquities Mesir Khaled al-Anani.

Hetpet merupakan seorang pendeta dewi kesuburan Hathor. Ia membantu para perempuan dalam proses persalinan. Lukisan dinding menggambarkan Hetpet dengan jelas. Kemudian beberapa cerita pertunjukan musik dan tarian monyet menceritakan hewan peliharaan Hetpet.

Anani menambahkan, ke depannya diharapkan bisa mendapatkan penemuan lebih lanjut sekitar 20 kilometer dari lokasi saat ini. "Kami terus menggali. kami yakin bisa menemukan yang lainnya," jelas Anani.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement