Ahad 19 Feb 2012 06:26 WIB

17 Tentara Rusia Tewas dalam Baku Tembak dengan Pejuang Chechnya

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sebanyak 17 tentara Rusia tewas dan 24 terluka dalam pertempuran sepanjang hari dengan gerilyawan di wilayah Kaukasus Utara yang bergolak, kata Menteri Dalam Negeri Chechnya Ruslan Alkhanov, Sabtu.

Jumlah korban sebelumnya pada Jumat adalah 13 tewas dalam kerusuhan paling mematikan selama beberapa bulan. Pasukan federal mengatakan mereka menggunakan helikopter tempur dan artileri terhadap sedikitnya 30 orang bersenjata yang bersembunyi di bukit-bukit berhutan lebat antara Chechnya dan wilayah Laut Kaspia Dagestan.

Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov, mengatakan bahwa tujuh pejuang telah "disapu bersih" dalam "operasi khusus terhadap kelompok-kelompok bersenjata ilegal."

"Sayangnya ada kerugian," katanya seperti dikutip kantor berita Rusia Alhanov Sabtu. "Selama operasi khusus yang berlangsung empat hari, 24 polisi terluka dan 17 tewas."

Aksi kekerasan meningkat di wilayah sebagian besar beragama Islam pada Ahad sebelum Rusia menyelenggarakan pemilihan presiden 4 Maret, di mana Perdana Menteri Vladimir Putin dicanangkan untuk merebut kembali kursi Kremlin yang ia pangku pada tahun 2000-2008.

Periode pertama Putin sebagai presiden sebagian besar ditentukan oleh kampanye brutal di Chechnya yang ia mulai pada tahun 1999 dalam menanggapi gelombang misterius pemboman blok apartemen yang pemerintah salahkan pada gerilyawan.

Moskow telah dicap membuat aturan sendiri di Chechnya pada tahun 2000 dan sejak itu dituangkan sumber daya yang sangat besar dalam membangun kembali daerah yang telah menjadi salah satu wilayah Rusia paling miskin sejak zaman Soviet.

Tapi pemberontakan gerakan Chechnya - didasarkan pada dorongan untuk kemerdekaan - telah ada sejak memiliki akar Islam dan menyebar ke republik-republik lain seperti Dagestan di sebelah timur dan Kabardino-Balkaria di barat

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement