Kamis 06 Sep 2012 06:06 WIB

Kerja Sama Sister City Semarang-Da Nang Akan Ditingkatkan

   Ketua DPR RI, Marzuki Alie.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Ketua DPR RI, Marzuki Alie.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR, Marzuki Alie, meminta agar Pemerintah Vietnam meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Kerja sama ini, termasuk untuk peningkatan hubungan sister city antara Da Nang dengan Semarang.

Hal ini dikemukakan Marzuki saat diterima Ketua Parlemen Vietnam, Nguyen Sinh Hung yang didampingi beberapa anggota Parlemen dan pejabat negara termasuk Menteri Luar Negeri Phan Binh Minh di Government Guest House, Hanoi, kemarin.

"Kerja sama ini termasuk peningkatan hubungan bilateral antar masyarakat (people to people contact) antar kedua negara. Bisa melalui kerja sama sosial budaya, pariwisata, pertukaran pelajar dan beasiswa," ujarnya dalam pernyataan persnya yang diterima Kamis (6/9).

Kunjungan kerja Marzuki Alie ke Vietnam adalah salah satu rangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Usai ke Vietnam, Marzuki akan ke Thailand dan Kamboja dalam kapasitasnya sebagai Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA). Kunjungan itu adalah untuk mematangkan agenda yang akan dibahas pada Sidang Umum AIPA ke-33 di Lombok, pada 16-23 September.

Oleh karena itu, Marzuki mengundang delegasi Vietnam untuk menghadiri Sidang Umum AIPA ke-33 tersebut, karena negara itu dinilai telah berhasil menunjukkan kesuksesan dalam bidang pertumbuhan ekonomi. Karena itu, Vietnam, lanjutnya, diharapkan dapat membagi pengalamannya kepada seluruh anggota AIPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement