Rabu 03 Oct 2012 11:19 WIB

AS Minta Korut Lucuti Nuklirnya

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Kil-yon
Foto: telegraph.co.uk
Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Kil-yon

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat masih menunggu kepastian dari Korea Utara untuk serius melucuti senjata nuklir milik negara itu.

"Kami mendesak menahan diri, kita seru DPRK (Korea Utara) untuk mengambil langkah-langkah guna meyakinkan masyarakat internasional bahwa pihaknya serius tentang bekerja dengan kami mengenai agenda perlucutan nuklir," kata Victoria Nuland, juru bicara Departemen Luar Negeri kepada wartawan, Selasa (3/10).

Dia menanggapi ancaman baru Korea Utara tentang perang nuklir. Berpidato di sidang Majelis Umum PBB di New York pada Senin, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Kil-yon mengatakan, kebijakan bermusuhan Washington terhadap Pyongyang dapat menyebabkan perang nuklir.

Nuland mengatakan dia tidak melihat komentar-komentar Kil-yon sebelumnya. Dia menegaskan, posisi dasar departemennya tentang Korea Utara.

"Kami sedang menunggu untuk melihat apakah pemimpin baru ini akan memilih untuk melakukannya, tetapi kami juga memperingatkan terhadap setiap provokasi lebih lanjut," kata Nuland.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement