Kamis 21 Mar 2013 08:34 WIB

Penulis Novel Horor Legendaris Tutup Usia

Penulis horor terlaris Inggris James Herbert.
Foto: thisishorror.co.uk
Penulis horor terlaris Inggris James Herbert.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penulis horor terlaris Inggris James Herbert, yang menulis novel seperti "The Rats" dan "The Fog", telah meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Rabu.

Editor Herbert di penerbit Pan Macmillan, Jeremy Trevathan, mengatakan bahwa penulis itu meninggal pada Rabu pagi di tempat tidur di rumahnya di Sussex.

Penyebab kematian Herbert tak diungkapkan, tetapi juru bicara penerbit menegaskan, dia tidak pernah sakit.

Herbert menulis 23 novel, diterbitkan dalam 34 bahasa dan terjual lebih dari 54 juta kopi di seluruh dunia selama kerir menulisnya yang berlangsung hampir 40 tahun.

Empat dari novelnya diangkat menjadi film: "The Survivor", "Fluke", "Haunted" dan "The Rats", yang layar peraknya diberi judul "Deadly Eyes".

"Jim Herbert adalah salah satu penulis penting dalam genre yang masa jayanya pada tahun 1970-an dan 1980-an," kata Trevathan dalam pernyataan email dari Pan Macmillan.

Herbert, yang lahir di East End London, bekerja sebagai direktur seni di satu biro iklan setelah belajar di perguruan tinggi seni dan mulai menulis novel pertamanya ketika ia berusia 28.

Novel pertamanya, "The Rats", menggambarkan serbuan mutan, tikus pemakan daging, di London yang kemudian dirilis pada tahun 1974 dan mengalami cetak pertama 100 ribu eksemplar terjual habis dalam tiga pekan. Ini membuka jalan bagi Herbert untuk menjadi penulis horor Inggris terkemuka.

Herbert, yang merancang sampul buku sendiri, dianugerahi OBE pada tahun 2010, tahun yang sama ia membuat Grand Master Horror oleh Konvensi Horor Dunia.

Ia meninggalkan istrinya Eileen, dan tiga putri mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement