Jumat 29 Mar 2013 19:49 WIB

Paus Cuci Kaki Perempuan Muslim

Rep: Bambang Noroyono/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kardinal Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus baru umat Katolik
Foto: Reuters
Kardinal Jorge Mario Bergoglio menjadi Paus baru umat Katolik

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Tradisi baru dilakoni Paus Franciskus I dalam perayaan Kamis Putih di Vatikan. Bekas Uskup Agung Argentina ini bertandang ke penjara remaja di jantung Kota Italia, Roma, Kamis (28/3) waktu setempat.

Kemunculannya adalah bagian dari perayaan Kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada Jumat (29/3). Ini tidak biasa. Sebab, pemimpin tertinggi umat Kristen Katolik ini terlihat sedang membasuh kaki 12 tahanan yang mendekam di Penjara Casal del Marmo, di pinggiran Kota Roma.

Tidak hanya itu, dua diantara para tahanan teridentifikasi sebagai perempuan dan beragama islam. Tidak cukup dengan mambasuh kaki-kaki para tahanan itu, Reuters menyebut, Kardinal bernama asli Jorge Bergoglio itu menciumi kaki-kaki para pesakitan tersebut.

Media internasional melansir, aksi Paus ke-266 ini memang tidak umum. Namun sayangnya, tidak disebutkan nama dan tindak kejahatan dari masing-masing para tahanan tersebut. Tradisi di Vatikan memang menjadikan Kamis Putih sebagai aktivitas turun ke jalan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement