Kamis 25 Jul 2013 07:49 WIB

Obama Calonkan Anak JFK Jadi Dubes

Caroline Kennedy
Foto: AFP
Caroline Kennedy

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINTON -- Presiden Barack Obama mencalonkan anak mendiang John F Kennedy (JFK), Caroline Kennedy, sebagai duta besar untuk Jepang. Anak perempuan mantan presiden AS yang sejak lama menolak masuk kancah politik itu mungkin akan segera mengambil peran lebih luas.

Obama menyebut Kennedy dan sejumlah calon untuk pos-pos lainnya sebagai pelayan negara terbaik. "Bangsa kita akan dilayani baik oleh orang-orang ini, dan saya menunggu bekerja bersama mereka dalam bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang," kata Obama.

Kennedy masih memerlukan persetujuan senat namun tak menghadapi kritik terbuka. Apalagi lembaga ini dikendalikan kubu Demokrat yang menghormati mendiang ayahnya. Jepang pun dikabarkan menyambut pencalonan Carroline Kennedy ini.

Perempuan berusia 55 tahun yang dulu dikenal banyak orang Amerika sebagai si gadis penghuni Gedung Putih adalah pendukung awal dan terdekat Obama. Kennedy tak begitu berpengalaman dalam hubungan luar negeri dan tak dikenal punya kaitan dengan Jepang.

Namun, ia pernah mengunjungi negeri ini pada 1986 ketika berbulan madu dengan suaminya Edwin Schlossberg. Ayahnya pernah terluka parah pada 1943 selama Perang Dunia II ketika kapal perusak Jepang menenggelamkan kapalnya di Pasifik. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement