Selasa 10 Sep 2013 19:44 WIB

Lima Negara Paling Bahagia di Dunia

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Pemandangan kanal di Nyhaven di Copenhagen, Denmark, 2009.
Foto: AFP
Pemandangan kanal di Nyhaven di Copenhagen, Denmark, 2009.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bagi mereka yang ingin mencari kebahagiaan dan kepuasaan hidup, negara-negara di Eropa ini harus dikunjungi. Denmark, Norwegia, Swiss, Belanda, dan Swedia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia 2013 berdasarkan Columbia University's Earth Institute.

Negara-negara tersebut berada di peringkat lima teratas dari 156 negara yang disurvei. Sementara, Rwanda, Burundi, RepublikAfrika Tengah, Benin, dan Togo yang semuanya merupakan negara Sub-Sahara Afrika merupakan negara dengan kepuasan hidup paling rendah. 

Amerika Serikat berada di nomor 17 dunia dalam hal kebahagiaan. Negara itu tertinggal dari Kanada (6), Australia (10), Israel (11), Uni Emirate Arab 9140, dan Meksiko (16). Sementara, Inggris berada di nomor 22 dan negara besar lainnya seperti Jerman berada di peringkat 26, Jepang (43), Rusia (68), dan Cina (93). 

Dalam laporan CNN, survei global tersebut dilakukan antara 2010 dan 2012. Dalam laporan itu disebutkan sejumlah tempat lebih bahagia dan lebih murah hati selama lima tahun terakhir. Sementara gejolak ekonomi dan politik mengakibatkan pengurangan tingkat kesejahteraan untuk beberapa negara. Tingkat kebahagiaan untuk Yunani, Italia, Portugal, dan Spanyol menurun drastis karena dampak krisis zona Euro. 

Mesir, Myanmar, dan Arab Saudi juga mengalami penurunan besar di tengah kekacauan politik dan sipil baru-baru ini. "Orang bisa tidak bahagia karena berbagai alasan, dari kemiskinan menjadi pengangguran, perpecahan keluarga hingga penyakit fisik," ujar laporan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement