Selasa 17 Sep 2013 07:19 WIB

Menlu AS dan Cina Bertemu Bahas Suriah

John Kerry
Foto: AP
John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry bakal bertemu Menlu Cina, Wang Yi, Kamis (19/9). Keduanya diperkirakan bakal membahas tentang Suriah dan Korea Utara.

Menurut juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf, pertemuan yang lama dijadwalkan itu akan menyentuh pada peristiwa-peristiwa saat ini yang berkembang cepat.

Satu kesepakatan Sabtu ditandatangani oleh Rusia dan Amerika Serikat untuk membongkar persenjataan kimia Suriah dan disambut Beijing, yang bersatu dengan Rusia dalam memutuskan untuk memveto setiap resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Suriah.

Meskipun bersekutu dengan Pyongyang, Beijing bekerja sama dengan Washington dalam upaya-upaya untuk menempa solusi diplomatik mengenai program senjata nuklir Korea Utara.

Topik-topik lain kemungkinan yang akan dibahas termasuk pernyataan hak maritim China di Laut China Selatan dan Laut China Timur, yang disebut Amerika sebagai 'poros' terhadap Asia, spionase komputer, dan sumber konstan bagi gesekan antara China dan AS.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement