Selasa 26 Nov 2013 18:10 WIB

Bus di Washington Pamerkan Iklan Dukungan untuk Snowden

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Mansyur Faqih
Bus yang menampilkan dukungan terhadap Edward Snowden di Washington
Foto: worldbulletin
Bus yang menampilkan dukungan terhadap Edward Snowden di Washington

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Iklan yang mengampanyekan dukungan terhadap mantan analis Badan Kemanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden diluncurkan di Washington. The Voice of Rusia pertama kali menemukan iklan tersebut ditempel pada sebuah bus S4 yang beroperasi melalui jalan di ibu kota AS, Senin (25/11) sore.

Selain menampilkan wajah Snowden, iklan tersebut juga memuat tulisan yang mengungkapkan rasa terima kasih masyarakat AS terhadap pria kelahiran 1983 itu.

"Kami, masyarakat, menentang kegiatan mata-mata yang dilakukan negara ini. Terima kasih Edward Snowden!" bunyi pesan iklan tersebut dilansir World Bulletin, Selasa (26/11).

Iklan kampanye ini memang sengaja diluncurkan The Partnership for Civil Justice Fund (PCJF), sebuah organisasi pembela HAM di AS, untuk mendukung Snowden. Dalam sebuah pernyataan, organisasi ini menyebut pembocoran rahasia NSA oleh Snowden sebagai ‘tindakan seorang pahlawan’. 

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk membalas kebaikan Ed Snowden, selain menggalang dukungan untuknya, di samping mengirim pesan yang jelas bahwa ia harus diberikan kekebalan hukum dan diizinkan untuk memberikan kesaksian di depan kongres," tulis pernyataan itu.

PCJF mengaku telah mengumpulkan lebih dari 10 ribu dolar AS untuk membuat iklan serupa di sejumlah bus yang melintas di Washington. Sementara, Snowden sendiri saat ini mendapat suaka sementara di Rusia, sejak pria itu terbang ke Moskow pada 23 Juni lalu. 

Ia menjadi buronan AS atas tuduhan spionase setelah membocorkan dokumen rahasia intelijen NSA kepada wartawan The Guardian dan Washington.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement