Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Indonesia Hentikan Tukar-menukar Data Intelijen dengan Australia

Kamis 28 Nov 2013 20:05 WIB

Rep: Dyah Ratna Metha Novia/ Red: Heri Ruslan

Indonesian Minister of Defense, Purnomo Yusgiantoro

Indonesian Minister of Defense, Purnomo Yusgiantoro

Foto: Antara/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, untuk menindaklanjuti enam langkah roadmap pihaknya menghentikan tukar-menukar data intelijen. Latihan Kopassus di Lembang bersama pasukan Australia juga dihentikan.

"Kami juga  setop latihan angkatan laut Indonesia-Australia. Patroli bersama antara Australia dan Indonesia untuk mengamankan wilayah juga dihentikan," kata Purnomo di Gedung DPR RI, Kamis, (28/11).

Latihan pasukan bersama dan patroli bersama itu diperlukan kepercayaan. "Kalau tidak ada trust bagaimana bisa bekerjasama," ujar Purnomo. Menurut Purnomo, selama Presiden, Menlu belum melakukan pembahasan lebih lanjut, selama itu pula kerja sama dihentikan.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman mengatakan, sudah ada pembicaraan kedua intelijen antara Australia dan Indonesia. Australia juga meyakinkan kalau mereka tidak  akan melakukan penyadapan kembali.

"Jika masalah penyadapan ini selesai, kami baru akan  duduk bersama untuk membuat code of conduct dalam bidang  intelijen," ujar Marciano.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA