Selasa 31 Dec 2013 05:16 WIB
Tokoh Terkenal yang Wafat Sepanjang 2013 (Bagian III)

Berpulangnya Bapak Pos Tertua di Dunia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Joko Sadewo
Jiroemon Kimura (tengah)
Foto: thesun.co.uk
Jiroemon Kimura (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, Menjelang pertengahan tahun, tepatnya di bulan Mei, Jenderal Jorge Videla ditemukan tidak lagi bernyawa dalam penjara militer Argentina. Kematian Jorge pada 17 Mei itu tidak mendapatkan simpati banyak dari masyarakat.

Itu lantaran Jorge dianggap punya dosa-dosa sejarah yang sulit terlupakan. Jorge adalah pelaku kudeta pada 1976. Dia dipidana luar biasakan lantaran bertanggung jawab atas tewasnya lebih dari 30 ribu orang-orang di Argentina selama dirinya memimpin (1976 - 1981).

Bagi pengagum band legendaris asal AS, The Doors, kabar wafatnya Ray Manzarak juga mengejutkan. Manzarek meninggal tepatnya pada 20 Mei, dalam usia 74 tahun. Kanker memang menggerogoti tubuhnya yang menua.

Manzarak adalah pemain keyboard dan komposer kenamaan di era Golden Flowers di AS, yaitu pada dekade 1965-an. Bersama karibnya, Jim Morrison, Manzarek mampu membuat komposisi apik dalam setiap guratan lirik dari Jim yang masih digemari para musisi hingga hari ini.

Memasuki pertengahan tahun, bintang perenang asal AS Esther Williams tenang dalam tidurnya saat 6 Juni. Esther berusia cukup panjang, dan sampai melewati angka 90 tahun. Nama Esther mencuat dalam karir olah raga setelah dirinya menjadi satu-satunya juara renang perempuan gaya kupu-kupu pada kisaran tahun 1940-an. Perenang internasional mencatatkan namanya sebagai salah satu atlit renang generasi awal yang gemilang.

Selanjutnya, ada nama Fatai Rolling Dollar. Musisi asal Nigeria ini wafat dalam usia 86 tahun. Fatai meninggal lantaran penuan. Dia meninggalkan 16 anak. Karir musisi Fatai tercatat panjang, yakni lebih dari 60 tahun. Namanya pun sudah tidak diragukan lagi ada dalam berbagai genre bermain alat musik gitar. Fatai adalah satu diantara tokoh populer unik yang wafat dalam tahun ini.

Tokoh unik lain yang tutup usia di bulan Juni adalah Jiroemon Kimura. Pekerja di sebuah kantor pos di Jepang ini terkenal lantaran pernah tercatat di book of record sebagai orang tertua di dunia. Jioemon genap berusia 116 tahun ketika wafat pada 12 Juni lalu. Dokter pribadinya mengatakan, dia meninggal akibat hal-hal alamiah.

Selain tercatat di rekor dunia, nama Jiroemon juga terkenal di Jepang sebagai Bapak Pos. Selama 50 tahun Jiroemon mengabdi pada jasa pelayanan pos di jepang.

Menutup Juni, nama Marc Rich dikatakan tinggal catatan sejarah akibat stroke yang dia derita. Marc meninggal pada usia 78 tahun di Swiss pada 26 Juni.

Nama Marc tentu diingat bagi kalangan ekonomi dan perminyakan, khususnya di AS dan Timur Tengah. Marc adalah investor hitam asal AS yang pernah didakwa oleh Federal AS lantaran aktivitas permodalannya yang culas. Marc dalam bisnisnya memerankan watak penjahat pajak paling terkenal dalam sejarah finansial di AS.

(bersambung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement