Rabu 01 Jan 2014 02:23 WIB
Tokoh Internasional yang Wafat Sepanjang 2013 (Bagian VII)

Duka Dunia untuk Nelson Mandela

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Joko Sadewo
Palestinian President Mahmoud Abbad and Nelson Mandela
Foto: BBC
Palestinian President Mahmoud Abbad and Nelson Mandela

REPUBLIKA.CO.ID, Memasuki November 2013 ada empat tokoh populer yang tutup usia. Pada 1 November kabar kematian Hakimullah Mehsud adalah kabar menggemparkan. Pemimpin Taliban di Wilayah Pakistan ini tewas dalam usia masih muda, yakni 33 tahun. Serangan drone AS berhasil menghentikan karir radikalismenya. Washington memberi label lima juta dolar untuk kepala Hakimullah.

Dan di Inggris, pengarang kenamaan Doris Lessing tutup usia pada 17 November. Doris berusia 94 tahun. Karir penulisannya membuat namanya berhak atas Nobel Sastra. Seumur hidupnya Lessing penuh dengan karya-karya radikalisme, filosofis dan sufisme. Lessing memang akrab dengan perannya itu sebab sejak berumur 14 tahun, gejolak sosial di Benua Eropa membawa paham sosiologi komunisme lekat dalam dirinya.

Menyusul Lessing, peraih Nobel Kimia Frederick Sanger juga tutup usia saat berumur 95 tahun. Sanger menghebuskan nafas terakhir saat tertidur pada 19 November di Inggris. Sanger satu dari dua peraih nobel dua kali dalam sejarah penghargaan paling bergengsi itu. Sanger berhak atas nobel setelah menemukan struktur protein yang membuka tabir penemuan struktur DNA pada mahkluk bernyawa.

Pada penghujung November, nama aktor Paul Walker sepertinya menjadi berita duka paling besar. Paul melekat pada aksi kebut-kebutan ala Holywood dalam serial film aksion Fast and Farious. Paul tewas dalam kecelakaan maut di California pada 30 November. Paul genap berusia 40 tahun saat Porsche Carrera GT terbakar dan merenggut nyawanya.

Menjelang tutup tahun, kabar duka juga dirasakan hampir di semua negara. Kabar duka itu datang dari Afrika Selatan. Tokoh dan pejuang anti-apertheid Nelson Mandela dinyatakan tutup usia pada 5 Desember dalam usia 95 tahun. Kabar kematian Mandela sepertinya menjadi pemberitaan duka paling besar di sepanjang 2013.

Menutup 2013, nama Mikhail Kalashnikov menjadi pamungkas kabar duka. Kalashnikov meninggal dunia dalam usia 94 tahun pada 23 Desember. Nama dirinya sepertinya bakal abadi. Khususnya dalam industri persenjataan. Kalashnikov ialah seorang jenderal perang Rusia kenamaan. Dia juga desainer senjata serbu. AK-47 adalah salah satu ciptaannya. Senapan serang sekaligus bertahan itu, diproduksi sejak 1947. Kesempurnaan AK-47 menjadikan senjata ini tetap mutakhir hingga hari ini.

 

(tamat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement