Kamis 20 Feb 2014 21:45 WIB

David Bowie Ingin Skotlandia Tetap Gabung Inggris

David Bowie
Foto: theorangepress.net
David Bowie

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Legenda musik Inggris, David Bowie, Rabu (19/2) mendesak Skotlandia untuk tetap menjadi bagian dari Inggris dalam pesan pidato penerimaan penghargaan tahunan Brit Award.

Penyanyi berusia 67 tahun yang sudah menarik diri dari keramaian panggung hiburan itu tidak hadir di O2 Arena, London, untuk menerima penghargaannya sebagai penyanyi tunggal pria. Namun, dia mengirimkan pesan yang dibacakan oleh model Kate Mose.

Isi pesannya,"Skotlandia, tinggallah bersama kami".

Pernyataan itu dengan cepat diambil oleh pendukung pro-penyatuan. Harian The Sun mengutip pernyataanya dalam berita utama di halaman depan.

Menteri Tenaga Kerja, Jim Murphy, segera menulis di twitter,"David Bowie menyampaikan pesan. Kini Anda bisa kembali ke Skotlandia."

Bintang rock itu menjadi penerima penghargaan yang berusia paling tua, melebihi penyanyi Welsh, Tom Jones, yang menerima penghargaan terhormat itu atas sumbangsihnya di dunia musik pada tahun 2003 saat berusia 62 tahun.

Jajak pendapat menunjukkan naiknya dukungan untuk otonomi sejak referendum tahun 1997, dan kini menangani sendiri masalah pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kehakiman. Namun parlemen di London masih mempertahankan masalah pertahanan dan kebijakan luar negeri.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement