Rabu 19 Mar 2014 15:26 WIB

Bayi Gorila yang Lahir Caesar Terkena Pneumonia

Bayi gorila Kebun Binatang San Diego
Foto: Reuters
Bayi gorila Kebun Binatang San Diego

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Ingat bayi gorila yang dilahirkan secara operasi caesar beberapa hari lalu di Kebun Binatang San Diego. Sang bayi sekarang kondisinya masih dalam perawatan dokter hewan sebab ia menderita pneumonia.

Dokter hewan, Nadine Lamberski, bekerja dengan bayi gorila betina itu sepanjang waktu. Lamberski pada Senin (17/3) mengatakan bayi gorila terkena pneumonia saat lahir.

Beberapa hari setelah kelahirannya tim medis juga memperbaiki paru-paru sang bayi gorila.

Ibu gorila, Imani yang berusia 18 tahun, sebelumnya belum pernah melahirkan. Pihak kebun binatang mengatakan, operasi caesar tergolong jarang dilakukan terhadap gorila. operasi terpaksa diambil sebab Imani sudah telanjur stres akibat proses kelahiran.

Tim medis yang menangangi bayi termasuk sejumlah dokter hewan dan dokter yang sehari-hari bekerja dengan manusia. Mereka adalah ahli anestesi dan pakar neonatal.

''Dia sangat kuat, bisa memegang, bisa memegang, dia vokal, dengan refleks menghisap yang sangat kuat,'' kata Lamberski. Dia mengatakan, bayi gorila itu juga sudah bisa memandang ke sana-sini dan sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri. ''Itu sangat luar biasa,'' katanya menyambung.

sumber : people
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement