Jumat 25 Apr 2014 16:32 WIB

AL Korsel Lepas Tembakan Peringatan ke Patroli Korut

Bendera Korea Selatan
Foto: flagscountries.blogspot.com
Bendera Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapal Angkatan Laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan setelah dua kapal patroli Korea Utara memasuki perbatasan maritim yang disengketakan, Jumat, persis sebelum Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Seoul untuk kunjungan dua hari.

Dua kapal Korut, yang biasanya menjaga kapal-kapal nelayan di perbatasan itu, memasuki perairan Korsel sejauh "satu mil laut", kata seorang pejabat kementerian pertahanan kepada AFP.

Tindakan pada Jumat subuh itu memicu kapal Angkatan Laut Korsel melepaskan beberapa kali tembakan peringatan, setelah itu kapal Korut mundur ke dalam wilayah perairannya.

Pejabat itu mengatakan kapal-kapal patroli itu mungkin telah mengejar kapal-kapal nelayan China yang memasuki secara tidak sah di perairan itu."Atau Korut mungkin ingin mengecek kewaspadaan militer Korsel," tambahnya.

Korut tidak secara resmi mengakui perbatasan Laut Kuning, yang ditetapkan secara sepihak oleh pasukan PBB pimpinan setelah Perang Korea tahun 1950-1953.

Perbatasan perairan itu telah menjadi ajang bentrokan senjata singkat yang berdarah tahun 1999, 2002 dan 2009.

Konflik Korea berakhir dalam satu perjanjian gencatan senjata tanpa perjanjian perdamaian sehingga secara teknis kedua Korea masih berada dalam perang.

Kapal-kapal patroli Korut dan kapal-kapal nelayan memasuki perbatasan laut di saat rawan yakni saat kedatangan Obama di Seoul, Jumat.

Ketegangan di Semenanjung Korea juga meninggi dengan ada banyak indikasi bahwa Korut mungkin sedang berencana melakukan uji coba nuklir keempat.

Korut melakukan tiga uji coba nuklir tahun 2006,2009 dan 2013.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement