Selasa 08 Jul 2014 03:45 WIB

Dua Pesawat Nyaris Bertubrukan di Barcelona

Rep: c88/ Red: Taufik Rachman
Utair
Utair

REPUBLIKA.CO.ID,SPANYOL—Dua armada pesawat penumpang hampir saja mengalami kecelakaan di landasan. Hal ini terjadi pada hari Ahad (06/07) waktu setempat di Bandar udara Barselona, Spanyol.

Seperti yang dilansir dari BBC pada Senin (07/07) dijelaskan bahwa sebuah pesawat Boeing 767 yang terbang dari Rusia menuju Spanyol tersebut sudah dalam posisi siap mendarat di landasan yang terletak di Bandar Udara Barselona, Spanyol.

Namun pada saat yang bersamaan ternyata di landasan yang akan digunakan untuk mendarat oleh pesawat Boeing  767 tersebut terdapat sebuah pesawat  Airbus A340 yang sedang melintas di landasan tersebut.

Setelah pilot Boeing 767 mengetahui hal tersebut ia segera menerbangkan kembali pesawatnya setelah pesawat tersebut hampir mendekati landasan pacu, setelah itu pesawat tersebut berputar kembali mengitari bandara sambil menunggu landasan pacu sudah pada kondisi aman untuk dilakukan pendaratan.

Insiden tersebut sempat terekam kamera oleh seorang penggemar pesawat Miguel Angel. Video tersebut kemudian diunggah di situs YouTube dan telah ditonton oleh lebih dari 3,4 juta orang.

Pesawat Boeing 767 tersebut merupakan pesawat dari maskapai penerbangan Rusia Utair sedangkan pesawat Airbus A340 yang melintas di landasan merupakan pesawat milik Aerolineas Argentineas. Manuver yang dilakukan oleh pilot Utair dalam dunia penerbangan disebut juga sebagai tindakan “go-around.”

Sebenarnya tindakan “go-around” adalah tindakan yang umum dilakukan dan dilakukan secara rutin  oleh pilot dalam pelatihan yang dilakukan secara periodik, namun hal itu tidak sering terekam dalam video yang dramatis seperti ini.

Ahli penerbangan mengatakan bahwa seharusnya pilot A340 medapat instruksi “hold short” dari Air Traffic Control (ATC) agar pesawat tersebut menunda untuk melintasi landasan tersebut.

Namun Juru Bicara Spanish Airport and Air Navigation (AENA) mengatakan kepadea El Mundo newspaper bahwa kedua pesawat sebenarnya dalam posisi yang aman dan pesawat Utair dapat melanjutkan pendaratan karena sebenarnya masih terdapat ruang landasan yang cukup untuk mendarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement