Selasa 28 Oct 2014 19:15 WIB

Penobatan Raja Kamboja Diperingati dengan Ritual Buddha

Bendera Kamboja (Ilustrasi)
Bendera Kamboja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Ratusan biksu Buddha Kamboja menggemakan dalam bahasa agama di depan Istana Kerajaan, Selasa, untuk memberkati Raja Norodom Sihamoni pada kesempatan ulang tahun ke-10 penobatannya.

"Sekitar 500 biksu Buddha menghadiri upacara untuk memberkati raja pada kesempatan itu," kata Pa Socheatevong, gubernur Phnom Penh, kepada wartawan di acara tersebut.

"Selama sepuluh tahun terakhir, Kamboja telah menikmati perdamaian dan pembangunan di segala bidang di bawah pemerintahan raja."

Pada upacara tersebut, ratusan orang berbaris untuk memberikan persembahan makanan kepada para bhikkhu sebagai bagian dari upacara untuk menandai peringatan 10 tahun penobatan raja, yang terutama akan dirayakan pada Rabu.

Dia mengatakan, para pemimpin Kamboja dan diplomat asing akan mengunjungi Istana Kerajaan, Selasa sore, untuk memberkati raja pada kesempatan tersebut.

Menurut gubernur, acara utama akan diselenggarakan Rabu di depan Istana Kerajaan dengan partisipasi para pemimpin Kamboja, pejabat senior, korps diplomatik, dan anggota Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja, serta para pejabat dari seluruh kementerian dan lembaga negara.

Raja Norodom Sihamoni, 61, dilantik dan secara resmi diurapi sebagai Raja Kamboja pada 29 Oktober 2004 setelah ayahnya mendiang Raja Norodom Sihanouk turun tahta karena masalah kesehatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement