Kamis 04 Dec 2014 11:11 WIB

Ashton Carter Kandidat Kuat Menteri Pertahanan AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Winda Destiana Putri
Ashton Carter mundur sebagai Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat.
Foto: IST
Ashton Carter mundur sebagai Wakil Menteri Pertahanan Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan pejabat Pentagon Ashton Carter, Selasa (2/12), mengumumkan dirinya sebagai menteri pertahanan AS menggantikan Chuck Hagel.

Banyak sumber di dalam dan di luar pemerintahan mengatakan Carter akan menjadi kandidat nomor satu. Bahkan, pemilihannya sudah hampir dapat dipastikan.

Namun, Gedung Putih dan Pentagon menolak memberi tanggapan. Pengumuman menteri pertahanan AS akan dilakukan beberapa hari mendatang.

Hagel mengundurkan diri di bawah tekanan pekan lalu setelah menjabat selama dua tahun. Penggantinya akan menjadi menteri pertahanan keempat di era Presiden Barack Obama.

Carter (60 tahun) berkarir selama empat tahun di Pentagon. Dia menjadi pejabat nomor dua di Pentagon pada Oktober 2011 hingga Desember 2013.

Di institusi ini, dia menjabat sebagai kepala pembelian senjata sehingga sangat memahami pengadaan pertahanan, kebijakan senjata dan pengawasan pengeluaran miliaran dolar AS.

Pada masa kepemimpinan Bill Clinton dia menjabat sebagai asisten menteri pertahanan untuk kebijakan keamanan internasional.

Kandidat lain mantan pejabat Pentagon Michele Flournoy dan senator Demokrat Jack Reed dari Rhode Island mengundurkan diri.

Mantan Sekretaris Angkatan Laut Richard Danzig dan mantan asisten menteri luar negeri Kurt Campbell juga telah dipandang sebagai pesaing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement