Selasa 30 Dec 2014 09:23 WIB

Dokumen Rahasia Gorbachev-Thatcher Terungkap

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mikhail Gorbachev
Mikhail Gorbachev

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Dokumen rahasia yang berisi pembicaraan politik antara Margaret Thatcher dan Mikhail Gorbachev muncul di hadapan publik Selasa (30/12).

Dilansir dari AFP Setelah kunjungan resmi pertama Gorbachev ke Inggris pada 1984, Thatcher memuji sosok pemimpin Uni Soviet ini memiliki pesona dan humor yang tinggi. Pertemuan empat bulan sebelum Gorbachev memimpin memiliki tujuan untuk memperbaiki hubungan Blok Timur dan Blok Barat.

Hubungan mereka tetap hangat meski terjadi perang dingin. Ketika itu Uni Soviet memiliki intelejen ganda Oleg Gordievsky yang membelot dan menjadi kepala stasiun KGB di London tahun 1985.

Dokumen ini dirilis Arsip Nasional London. Kebijakan Pemerintah memang dokomen rahasia dapat diungkap ke publik setelah tiga dekade.

Thatcher pernah menulis surat pada Presiden AS Ronald Reagan setelah kunjungan Gorbachev. "Dia orang yang terbuka dan cerdas. Dia ramah dan memiliki pesona serta selera humor yang bagus. Saya telah menemukan seorang pria yang dapat berbisnis, saya sedikit menyukainya," tulis Thatcher dalam suratnya.

Meski mendapatkan kesan positif dari si wanita tangan besi tetapi kesan negatif pun dimilikinya. Pihaknya tidak dapat membicaraka hal sensitif seperti HAM di Uni Soviet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement