Jumat 23 Jan 2015 03:48 WIB

Senin Depan, Sebuah Asteroid Raksasa akan Melintas Dekat dengan Bumi

Rep: C85/ Red: Julkifli Marbun
Asteroid (ilustrasi)
Foto: en.wikipedia.org
Asteroid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sebuah asteroid berukuran besar diprediksi akan melintas dekat dengan atmosfer bumi, pada Senin (26/1) medatang. Meski demikian, Badan Antariksa AS (NASA) menegaskan bahwa hal ini tidak berbahaya.

Asteroid raksasa ini bernama 2004 BL86. Seperti dikutip CNN, asteroid ini akan melintas pada jarak 745 ribu mil atau 1,2 juta km dari bumi. Jarak ini sepadan dengan tiga kali jarak bumi dengan bulan.

NASA merilis, sejatinya terdapat banyak asteroid yang melintas pada jarak dekat dengan planet kita.  Bisa ratusan asteroid jumlahnya dalam satu hari.  Namun asteroid 2004 BL86 ini berbeda, ukurannya yang cukup besar merupakan faktor utama perhatian ilmuwan pada asteroid ini. Dengan ukuran setengah kilometer, asteroid ini menjadi obyek antariksa terbesar yang melintas dekat dengan bumi hingga tahun 2027 mendatang.

Asteroid ini, menurut NASA, juga bisa dilihat dengan bantuan teleskop atau binokular. Atau bisa juga dilihat dengan membuka aplikasi The Virtual Telescope Project 2.0.

Asteroid 2004 BL86 ini ditemukan pada 30 Januari 2004 melalui teleskop NASA bernama LINEAR, dalam sebuah survei astronomi di White Sands, New Mexico.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement