Selasa 03 Mar 2015 12:35 WIB

Pentagon Klaim Irak tak Minta Bantuan dalam Penyerangan ke Tikrit

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Perebutan kembali kota TIkrit dari tangan ISIS
Foto: BBC
Perebutan kembali kota TIkrit dari tangan ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, PENTAGON -- Pentagon mengatakan, Amerika Serikat tak memberikan bantuan serangan udara untuk mendukung perlawanan Irak di Tikrit. Ini dilakukan karena pemerintah Irak tak meminta bantuan tersebut pada AS.

Seperti dilansir The Associated Press, Selasa (3/3), juru bicara Pentagon Kolonel Angkatan Darat Steve Waren mengatakan AS telah waspada menghadapi operasi militer yang dimulai sejak Senin kemarin. Namun mereka tak memberikan bantuan sebab, militer dan pemerintah Irak tak meminta bantuan tersebut.

Waren juga mengatakan, tak bisa mengomentari keterlibatan militer Iran meski Washington menyadari kepentingan Iran dalam perang Irak melawan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ini. Ia juga mengaku tak bisa memberi penilaian atas upaya Irak dalam pertempuran di Tikrit.

Selama ini kelompok ISIS menguasai sejumlah wilayah kunci di Irak, seperti Tikrit dan Mosul. Senin (2/3) kemarin, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi memerintahkan pasukannya untuk melaksanakan operasi militer merebut kembali Tikrit dari genggaman ISIS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement