Selasa 12 May 2015 11:39 WIB

17 Monyet Langka Dicuri dari Kebun Binatang di Prancis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Hazliansyah
Sekumpulan monyet (Ilustrasi)
Foto: Antara
Sekumpulan monyet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEAUVAL -- Dua keluarga monyet langka dicuri dari kebun binatang di Beauval, Prancis akhir pekan kemarin.

Direktur tempat perlindungan, Rodolphe Delord mengatakan pada Senin (11/5), bahwa pencuri masuk ke kebun binatang saat Sabtu malam.

Menurut Delord, para pencuri menghindari kamera pengintai dan patroli rutin. Mereka mengambil tujuh tamarin singa emas dan 10 marmoset perak.

''Mereka adalah monyet yang sangat langka dan rapuh,'' kata Delord, dikutip Guardian, Selasa (12/5).

Menurutnya, monyet-monyet tersebut sedang menjalani program pemuliaan internasional. Tamarin singa emas merupakan milik pemerintah Brasil.

''Kami tidak mengerti kenapa hal seperti ini bisa terjadi,'' kata dia.

Delord mengatakan para pencuri sangat ahli dan mengetahui pasti mana yang harus diambil. Saat ini kebun binatang dan kepolisian sedang mencari petunjuk melalui rekaman CCTV. Layanan kesehatan hewan pun telah diinformasikan.

Hewan-hewan tersebut hanya bisa dirawat oleh ahli yang mengerti kesehatan monyet. Pasalnya, hewan-hewan terancam punah ini harus menjalani diet ketat. Salah satu tamarin juga terluka di bagian ekor sehingga membutuhan perhatian lebih.

''Sangat penting untuk menemukan hewan-hewan ini secepatnya,'' kata Delord. ''Mereka sangat susah diberi makan dan harus dirawat oleh spesialis, semoga kami segera menemukannya,''.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement