Rabu 01 Jul 2015 17:07 WIB

Jupiter-Venus 'Berdampingan' Bisa Dilihat Selepas Maghrib

Rep: MGROL38/ Red: Yudha Manggala P Putra
Planet Jupiter dan Venus terlihat bersamaan di langit malam
Foto: IFL Science
Planet Jupiter dan Venus terlihat bersamaan di langit malam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Planet Venus dan Jupiter, meskipun terletak jutaan kilometer jauhnya, akan tampak berdampingan terpisah hanya beberapa derajat pada Rabu (1/7) malam ini.

Kedua planet telah bergerak lebih dekat secara bersamaan selama beberapa minggu terakhir dan kini jarak mereka berdasarkan pandangan mata sudah kurang dari satu derajat.

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin fenomena menarik ini bisa disaksikan masyarakat mulai sore ini. "Jaraknya kira-kira 0,3 derajat malam ini, kira-kira satu jam setelah maghrib," kata dia.

Thomas memastikan kedekatan antara Venus dan Jupiter hanya berdasarkan penampakan saja. Pada kenyataannya secara fisik, jarak kedua planet tidak benar-benar mendekat. "Itu hanyalah jarak ketampakan di langit dan bukannya jarak fisik," ujarnya saat dihubungi ROL, Rabu (1/7).

Thomas memaparkan, fenomena itu merupakan fenomena yang wajar dan biasa terjadi. Hal tersebut disebabkan karena posisi Venus dan Jupiter berada pada posisi garis ekliptika. Garis ekliptika adalah jalur lintasan semu matahari di langit.

"Jadi, Venus dan matahari berada pada bidang ekliptika sehingga ada saatnya Venus dan Jupiter mendekat. Demikian juga jika ada planet yang lain yang berada pada posisi berdekatan akan mengalami hal yang sama," jelasnya lagi.

Meski begitu, Thomas mengakui bahwa fenomena tersebut terbilang jarang. Dia pun tak bisa memperkirakan siklus terjadinya fenomena itu karena melihat pergerakan Venus yang relatif lebih cepat dibanding Jupiter. "Bisa disebut, Venusnya yang mendekati Jupiter. Setelah itu, Venus juga yang bergerak menjauh," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement