Selasa 04 Aug 2015 04:54 WIB

Ratusan Orang Dibebaskan dari Tangan Boko Haram

Rep: C21/ Red: Indah Wulandari
Militan Boko Haram bunuh warga sipil Nigeria.
Foto: Reuters
Militan Boko Haram bunuh warga sipil Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, BORNO -- Sebanyak 178 orang diselamatkan dari tangan kelompok Boko Haram di utara negara bagian Bomo. Sekitar 101dari orang yang diselamatkan merupakan anak-anak dan orang lanjut usia.

Sementara itu, belum ada keterangan terkait gadis-gadis yang diculik dari sebuah sekolah di Chibok pada April 2014 berada di antara mereka.Padahal, lebih dari 200 anak perempuan Chibok lebih dari setahun lslu diculik dari sekolah mereka di Nigeria Utara.

 “Seorang komandan Boko Haram juga ditangkap dan beberapa kamp dibersihkan,” kata pihak militer Nigeria, Senin (3/8) dilansir dari BBC.

Boko Haram telah menewaskan beberapa 5.500 warga sipil di Nigeria sejak 2014. Pada bulan Oktober lalu, pemerintah mengatakan telah sepakat melakukan gencatan senjata dengan Boko Haram. Namun, Boko Haram kemudian membantahnya.

Penculikan gadis-gadis di Chibok telah memicu kemarahan global. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya orang yang berkampanye online untuk membebaskan mereka. Beberapa negara termasuk AS dan Cina berjanji untuk membantu menemukan mereka.

Organisasi HAM Amnesty International melansir sekitar 2.000 perempuan dan anak perempuan diculik oleh Boko Haram sejak awal  2014.

Aksi kekerasan Boko Haram  baru-baru ini menyebar ke negara tetangga, seperti Niger, Chad, dan Kamerun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement