Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Temukan Noda Tanda Air, Ilmuwan NASA Yakin Mars Layak Dihuni

Selasa 29 Sep 2015 05:14 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indah Wulandari

Salah satu foto Planet Mars

Salah satu foto Planet Mars

Foto: ap

REPUBLIKA.CO.ID,HOUSTON -- Peneliti National Aeronautics and Space Administration (NASA)  menemukan sebuah tanda kehidupan di planet Mars.

Para ilmuwan mengamati ada sebuah tanda seperti noda di permukaan planet Merah tersebut yang menandakan adanya aliran air. Posisinya menuruni lembah dan dinding kawah selama musim panas. Berdasarkan keterengan peneliti, ada kemungkinan tempat tersebut menjadi tempat tinggal bagi beberapa bentuk kehidupan.

Meski demikian, para ilmuwan tidak yakin dari mana air tersebut berasal. Namun, kemungkinan air itu datang dari es bawah tanah atau molekul air asin yang ada di dalam tanah, atau mengembun dari atmosfer Mars yang tipis.

''Ada tanda-tanda air hari ini di permukaan Mars. Karena itu, kami menduga bahwa Mars setidaknya memungkinkan untuk memiliki lingkungan yang layak huni saat ini,'' kata ilmuwan pemimpin program eksplorasi Mars NASA Michael Meyer seperti dilansir The Guardian, Selasa (29/9).

Aliran air tersebut menunjukkan, prediksi NASA dan lembaga antariksa lainnya bahwa planet Mars paling menjanjikan untuk ditinggali setelah bumi.

''Mars tidak kering, planet yang sebelumnya kami pikir gersang. Air telah ditemukan di Mars,'' kata Jim Green, salah satu peneliti NASA lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA