Sabtu 03 Oct 2015 09:15 WIB

Separatis Ukraina Memiliki Roket Jenis Baru yang Mematikan

Rep: c23/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan Ukraina pro-Rusia.
Foto: Reuters
Pasukan Ukraina pro-Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV – Organisasi Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) menyatakan telah menemukan jenis sistem roket terbaru buatan Rusia yang dikuasai kelompok pemberontak. Roket berjenis KL-1 Buratino berdaya hulu ledak kuat tinggi itu ditemukan di Luhansk.

“Kami menemukan Buratino di tempat pelatihan militer yang dijalankan oleh kelompok Republik Luhansk di desa Kruhlyk,” jelas OSCE dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC News, Jumat (3/10).

Namun kabar itu ditepis oleh Moskow. Rusia merasa tak pernah mempersenjatai kelompok pemberontak yang berada di Ukraina. Meskipun terdapat sejumlah relawan Rusia yang ikut bertempur bersama kelompok separatis pro-Rusia di sana.

Sejak ketegangan antara Rusia dengan Ukraina pecah setahun lalu, kedua negara tersebut secara tersebut telah menggunakan roket jenis Grad.  Namun Buratino adalah roket yang memiliki daya ledak lebih kuat dan berbahaya.

Sementara itu, para pemimpin Ukraina, Rusia, Jerman, dan Prancis, sedang membahas upaya perdamaian di Ukraina. Prancis juga telah berniat untuk mulai melakukan operasi penarikan senjata-senjata yang terdapat di daerah konflik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement