Jumat 16 Oct 2015 14:25 WIB

Bom Meledak Jelang Shalat Maghrib, Puluhan Jamaah Masjid Terbunuh

Bom bunuh diri semakin marak di Nigeria.
Foto: Reuters
Bom bunuh diri semakin marak di Nigeria.

REPUBLIKA.CO.ID, Puluhan jamaah tewas setelah dua bom bunuh diri meledak di masjid di Kota Maiduguri, sebelah timur laut Nigeria, Kamis (15/10).  "Semua jamaah masjid tewas, tidak satupun yang selamat," ujar Muhtari Ahmadu yang berdagang di dekat lokasi kejadian."Kami menghitung ada 42 jasad di luar masjid," kata Amadu Marte seorang relawan pendukung pasukan keamanan menambahkan.

Polisi mengonfirmasi masjid tersebut diserang oleh dua bom kembar. Namun jumlah korban yang meninggal disebutkan lebih sedikit yakni 14 oang. Polisi juga berbeda ihwal korban luka. Menurut polisi banyak jamaah yang terluka akibat ledakan tersebut.   Ledakan juga menyebakan masjid hancur seketika. "Korban luka sudah dibawa ke Masjid Maiduguri," ujar polisi.

Saksi mengatakan, pelaku pengeboman tidur di dalam masjid dan menyamar sebagai jamaah. Sementara bom kedua meledak saat warga berkumpul untuk melihat ledakan pertama.  "Ketika penyelamat datang, pelaku kedua meledakan diri dan membunuh banyak di antara mereka," ujar Marte.

Kejadian berlangsung pada pukul 18.30 petang ketika jamaah hendak berkumpul untuk shalat Maghrib. Belum ada yang menyatakan bertanggungjawab. Namun serangan dicurigai dilakukan oleh Boko Haram. 

sumber : the Guardian
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement