Rabu 28 Oct 2015 03:05 WIB

NSA: Serangan Internet Terhadap AS Meningkat

Hacker (ilustrasi)
Hacker (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Direktur Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Richard Ledgett, memperingatkan terjadinya peningkatan bahaya merusak serangan internet dari sejumlah negara.

"Jika Anda tersambung dengan internet, Anda rapuh terhadap para penyerang negara-bangsa yang agresif," kata Ledgett kepada BBC, Rabu (28/10).

Ledgett mengatakan berbagai negara perlu mengidentifikasi batas yang tidak bisa dilanggar. Pejabat keamanan AS ini mengatakan berbagai lembaga menjadi sasaran dengan jumlahnya yang mencapai sampai 'ratusan', ikut membahas pembocoran yang dilakukan Edward Snowden. Sebagian dari para hacker ini telah mengubah cara bekerjanya.

Kantor Ledgett di lantai delapan markas NSA di Fort Meade dipenuhi dengan pajangan tentang sejarah pembuatan dan pembocoran kode, mulai dari sistem Perang Saudara Amerika sampai ke mesin Enigma Jerman yang diadaptasi pihak Jepang.

Bahkan terdapat alat pembuka kode dari puing-puing Pesawat Angkasa Luar Challenger. Tetapi tantangan modern dunia maya yang sekarang ini menjadi inti dari misi ganda NSA, yaitu melindungi komunikasi pemerintah yang peka dan mengumpulkan data intelijen musuh Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement