Kamis 29 Oct 2015 21:40 WIB

India Janjikan 600 Juta Dolar AS untuk Pengembangan Afrika

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
PM India Narendra Modi bersama sejumlah pemimpin negara Afrika dalam KTT Forum India Afrika di kompleks olahraga Indira Gandhi, New Delhi, India, Kamis (29/10).
Foto: AP Photo/ Manish Swarup
PM India Narendra Modi bersama sejumlah pemimpin negara Afrika dalam KTT Forum India Afrika di kompleks olahraga Indira Gandhi, New Delhi, India, Kamis (29/10).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri India Narendra Modi menjanjikan bantuan sebesar 600 juta dolar AS untuk Afrika. Dalam KTT Forum India-Afrika pada Rabu (28/10), Modi mengumumkan dana tersebut akan digunakan untuk proyek-proyek pengembangan Afrika.

Lebih dari 50 pemimpin negara Afrika menghadiri KTT di Delhi. Termasuk pemimpin Afrika Selatan Jacob Zuma, Robert Mugabe dari Zimbabwe, pemimpin Mesir Abdel Fatah el Sisi dan Omar al Bashir dari Sudan. Konferensi tersebut bertujuan meningkatkan hubungan dengan Afrika.

Melalui KTT, India ingin meningkatkan keberadaannya di Afrika. Dalam bidang perdagangan, India-Afrika telah menggandakan nilai perdagangan menjadi 72 miliar dolar AS sejak 2007. Namun jumlah tersebut masih dinilai kecil.

"India dan Afrika adalah dua titik terang untuk ekonomi global," kata Modi dalam pembukaan menyambut para pemimpin.

BBC menyebutkan konferensi tersebut menjadi pertemuan terbesar yang dihadiri pemimpin Afrika sejak 1983.

Kontributor BBC di Delhi, Sanjoy Majumder mengatakan India menggunakan sejarah India dengan benua Afrika untuk mengeratkan hubungan ekonomi. India tertarik pada sumber daya alam Afrika, sementara Afrika tertarik pada sektor teknologi India, seperti IT dan ponsel.

India menjamu para pemimpin dengan megah, membawa mereka berkeliling pada malam hari dengan limusin dan memakaikan turban khas India yang berwarna-warni di kepala para pemimpin dalam makan malam resmi. Ibu negara India juga menjamu dengan penampilannya saat mengajar memasak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement