Sabtu 30 Apr 2016 21:49 WIB

Peretas ISIS Rilis Daftar Nama Target Serangan

Red: Ilham
daftar nama (ilustrasi)
Foto: Reuters/Beawiharta
daftar nama (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekelompok peretas terkait ISIS menayangkan daftar nama ribuan warga New York, Amerika Serikat. Mereka mengajak pendukung ISIS menjadikan orang-orang di daftar nama sebagai sasaran serangan.

Sejumlah petugas federal dan polisi kota New York menghubungi setiap yang tercantum dalam daftar tersebut untuk memberitahukan tayangan itu. Namun sumber tersebut menyatakan penegak hukum tidak percaya terdapat ancaman nyata.

"Praktik baku kami adalah menolak tanggapan terhadap gerakan khusus dan persoalan penyelidikan. FBI secara berkala memberitahu pribadi dan lembaga atas keterangan selama penyelidikan, yang mungkin dipandang sebagai kemungkinan ancaman nyata," tulis pernyataan Biro Penyelidikan Federal (FBI).

Daftar tersebut memasukkan nama, alamat rumah, dan alamat E-mail. Sumber dari FBI menyatakan, beberapa keterangan orang yang ada di daftar sudah tidak relefan.

Pada tahun lalu, sekelompok yang berkaitan dengan ISIS memposting beberapa nama, alamat, dan foto 100 anggota lembaga militer AS dan menyerukan kepada para pengikutnya untuk membunuh mereka. Kelompok garis keras menguasai petak-petak wilayah di Suriah dan Irak serta menyatakan bertanggung jawab atas beberapa serangan utama di berbagai negara, termasuk mengoordinasikan serangan di Paris, Prancis, pada November 2015 yang menewaskan 130 orang.

Pihak berwenang AS menangkap lebih dari 70 orang, yang berusaha mendukung ISIS sejak 2013.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement