Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Penyanyi Malaysia Ditangkap Terkait Tuduhan Menghina Islam

Senin 22 Aug 2016 14:01 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Citra Listya Rini

Penyanyi Wee Meng Chee

Penyanyi Wee Meng Chee

Foto: Themalaymailonline

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pihak kepolisian Malaysia melakukan penangkapan terhadap seorang penyanyi kontroversial di negara itu, Wee Meng Chee. Lewat lagu dan video musik terbarunya, Wee disebut melakukan penghinaan terhadap Islam.

Dikutip BBC, pria itu ditangkap dan ditahan pada Ahad (21/8) kemarin. Dalam video lagu terbaru Wee yang berjudul "Oh My God", ia terlihat menyanyi rap di sekitar area beberapa tempat ibadah di Malaysia. Tak sendiri, dirinya juga diiringi beberapa orang yang meramaikan klip video itu.

Menurut Wee, lagu terbarunya itu dimaksudkan untuk memperlihatkan kerukunan antara umat beragama di Malaysia. Video klip lagu itu pertama kali dirilis Juli dan diperbarui pada 20 Agustus.

Pada video yang dirilis Juli, Wee bernyanyi di depan kuil Buddha, gereja, serta masjid. Namun, saat mengeluarkan versi terbaru, tidak ada penampilan dirinya di depan masjid.

Karena keluhan dari orang-orang yang menonton video itu, termasuk beberapa LSM di Malaysia, pihak kepolisian negara itu akhinya menangkap Wee. Saat ini, dirinya tengah dalam proses interogasi.

Sebelumnya, penyanyi yang dikenal melantunkan lagu-lagu berbahasa Mandarin itu juga pernah hampir tersangkut kasus hukum akibat karya seninya. Dalam sebuah lagu, ia seakan mempertanyakan dari mana energi nasional Malaysia berasal. Ia juga menampilkan parodi lagu kebangsaan negara itu yang dianggap sebagai lelucon.





BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA