Jumat 18 Nov 2016 12:29 WIB

Duterte Siap Sambut Pengungsi dengan Tangan Terbuka

Rep: Puti Almas/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Foto: AP Photo/Bullit Marquez
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan akan menyambut eksodus pengungsi yang datang ke negaranya pada Kamis (17/11). Ia mengecam tindakan dari banyak negara Barat yang selama ini dinilai sering menutup perbatasan karena tak mengizinkan satupun dari orang yang membutuhkan pertolongan itu hadir. 

Menurut Duterte, eksodus pengungsi yang telah tersebar di Eropa adalah contoh dari kegagalan negara-negara Barat. Banyak dari para imigran yang membutuhkan tempat berlindung dan Filipina dapat menampung sebagian besar dari mereka. 

"Mereka selalu bisa datang ke sini dan akan diterima di sini hingga batas maksimal untuk memenuhi Filipina," ujar Duterte dalam sebuah pernyataan yang disiarkan dalam film dokumenter oleh Aljazeera, Kamis (17/11). 

Mantan wali kota Davao itu menegaskan, pernyataan yang dibuatnya ini bukan main-main. Filipina sebagai negara berkembang akan terus berupaya menerima kedatangan pengungsi yang membutuhkan perlindungan dan mencari kehidupan lebih baik. 

"Saya katakan, kirimkan para pengungsi kepada kami. Mereka adalah manusia dan mungkin bisa mendapatkan kehidupan lebih baik di sini," jelas Duterte.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement