Jumat 25 Nov 2016 05:00 WIB

ISIS Disinyalir Punya Rencana Serang Disneyland Paris

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Reiny Dwinanda
Disneyland Paris
Foto: Disney
Disneyland Paris

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kepolisian Prancis mensinyalir ISIS memiliki rencana menyerang Disneyland Paris dan Pasar Natal di Champs-Elysees pekan depan. Para teroris telah menetapkan serangan akan dilakukan pada 1 Desember mendatang, termasuk serangan terhadap markas polisi, stasiun Metro, dan kafe-kafe di pusat kota.

Informasi tersebut didapat setelah polisi berhasil menangkap tujuh anggota ISIS pekan ini di Kota Strasbourg dan Marseille. Penangkapan dilakukan setelah dinas keamanan melakukan penyelidikan selama delapan bulan. Lima tersangka mendapat perpanjangan tahanan di bawah undang-undang untuk kepentingan investigasi, sementara dua lainnya dibebaskan karena dinyatakan tidak bersalah.

Beberapa tersangka tertangkap melakukan pencarian Internet dengan kata kunci taman hiburan Disneyland Paris, Pasar Natal di Champs-Elysees, kafe teras, markas polisi kriminal Paris, dan stasiun Metro.

Seorang tersangka mengaku kepada penyidik bahwa serangan telah direncanakan di markas polisi dan di departemen keamanan Prancis. Mereka diduga mendapat perintah langsung dari pemimpin ISIS di Suriah. "Keselamatan dan keamanan pengunjung adalah prioritas utama kami. Kami bekerja sama dengan pihak berwenang untuk meninjau langkah keamanan apa yang harus kami lakukan," ujar Disneyland Paris, dalam keterangan resminya, dikutip Daily Mail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement